Rabu, 27 Februari 2013

holiday to Karimunjawa

setelah ngerencanain kurang lebih 2 bulan akhirnya jadi juga liburan ke Karimunjawa, yeahhh horray!!
ga tau dimana itu Karimunjawa?? Karimunjawa menurut Wikipedia adalah kepulauan di laut jawa yang terletak di Kabupaten Jepara.
Cukup sekilas infonya, sekarang yang penting adalah cara pergi kesananya. Ini yang dilakukan Cuih Cuit sampai bisa nyampe di Karimunjawa.

  • ambil paket wisata Karimunjawa sesuai pilihan n budgetmu dari agen wisata yang banyak bertebaran di Internet.
sebenarnya bisa aja sih bikin ga pake paket wisata, tapi karena Cuih Cuit belum kenal penyedia wisata (penginapan, penyewa alat snorkling n kapal) n maunya tinggal jalan jadi Cuih Cuit ambil paket wisata 4h3m di wisatakita.com (sebagai referensi aja, terserah kok kalo ada yang lebih oke).
setelah fix sama jadwal paket wisata, sekarang cara supaya nyampe di Jepara tepat waktu karena kapal dari Jepara ke KarJaw berangkat jam 9 pagi n yang telat ga dikasih ampun (ditinggal bok!), ini rute perjalanan Cuih Cuit:
  • dari Jakara (stasiun Senen) naik kereta jurusan Semarang stasiun Poncol atau stasiun Tawang. (kereta ekonomi Rp.48.000)
tips buat perempuan yang naik kereta ekonomi; pasang tampang judes n sangar, kalo ada cowo rese mendekat n mulai kurang ajar hajar aja ato kalo perlu teriak biar tuh cowo minggat dari peredaran.
  • dari stasiun Poncol atau Tawang naik minibus / angkot ke Terminal Terboyo (Rp.3000)
dari stasiun tanya orang sekitar aja, naik mobil apa, tapi ada tulisannya kok  di jendela depan minibus atau angkot (ke Terminal Terboyo). Cuih Cuit sampe di Semarang sekitar jam 2 pagi n nunggu di stasiun sampe jam 4 baru naik minibus. tenang aja Stasiunnya nyaman kok. cup
  • dari terminal Terboyo naik lagi minibus ke Jepara (Rp. 6000-7000)
ini juga nanya aja ama orang sekitar, biasanya bis yang ke jepara adanya di paling pojok. Kalo ga mau ribet ngeteng-ngeteng dari Jakarta bisa langsung ke Jepara naik bis antar kota infonya disini.
perjalanannya cukup makan waktu jadi pergunakan kesempatan buat tidur n istirahat, ga usah takut kelewatan karena terminal Jepara adalah tujuan akhir. Kalo ga mau turun di terminal, bilang aja sama kondektur mau turun di pelabuhan kartini nanti diturunin sama dia di pertigaan nah dari situ kalo mau jalan kaki ke pelabuhan juga oke.
  • dari Terminal Jepara naik becak ke pelabuhan Kartini (Rp.10000-11000 / 2 orang)
  • dari pelabuhan Kartini naik Kapal Feri KM Muria ke Karimunjawa. (sudah dari paket wisata.)

hore ?? yang mabuk laut siap-siap aja. hahaha. perjalanan naik feri ini bener-bener makan waktu sekitar 6 jam jadi yang ga mau pantatnya tepos ini tipsnya; jangan tunggu sampe kapal mau berangkat baru naik ke kapal, kalo bisa begitu kapal dibuka untuk penumpang langsung naik n cari posisi n sewa tiker matras (5-10 ribu) gelar di sela-sela bangku n tidur, egois-egois dah, haha! kalo mau cepet bisa naik kapal ekspress makan waktu sekitar 3 jam.
  • sampaiii di Karimunjawa. beneran horray!! waktunya bersenang-senang

2012-10-16 06.56.38 c
yang udah sampai KarJaw selamat menikmati liburan; main pasir, snorkling, nyebur ke kolam hiu, liat sunrise n sunset, kuliner dll jangan lewatin kesempatan foto-foto, ambil foto yang banyak n keren supaya temen temen kakak kakak semua pada ngiri n pada mau liburan ke Karjaw. (promosikan wisata dalam negri)
2012-10-14 17.27.03-1

141020121383
2012-10-15 16.56.08

141020121385
yang mau liat sunrise menurut yg punya rumah bisa naik ke gunung Karimunjawa karena di dermaganya kehalangan resort, Cuih Cuit sempet naik gunung tapi ga sempet liat sunrisenya karena bangun kesiangan n besoknya udah janjian sama temen serumah bangun jam 4 eh malah ujan TT_TT
biar pada ngiri mari intip foto Cuih Cuit berikut ini, slurrppp yohoho..
foto2572 IMG_0275 IMG_0782
IMG_0706 IMG_8078 IMG_0820
IMG_8062 IMG_0679 IMG_0945
inti sarinya; ke stasiun semarang->ke terminal terboyo->ke terminal Jepara->ke pelabuhan Kartini-> nyebrang ke Karimunjawa. Pulangnya tinggal dibalik aja rutenya, total ongkos backpacking Jakarta-Jepara PP ala Cuih Cuit yaitu sekitar Rp.140000 (kalo harganya ga pada naik ya! btw Cuih Cuit jalan bulan oktober 2012)
begitulah liburan Karimunjawa Cuih Cuit, moga bermanfaat n sampai jumpa lagi di post selanjutnya oleh Cuih Cuit <(^o^)/
Cuih Cuit say thanks to : Wikipedia , wisatakita.com , putrakarimunjawa.com

13 komentar:

  1. hahaha bikin kepengen ke karimun jawa nih,
    btw travelnya habis berapa Cuih Cuit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. paket wisata ama ongkos pp jakarta - karimun abis sekitar 650ribu :)

      Hapus
  2. Salam kenal..kl mw ke pantai bandengan naik minibus yg dr smrg smpe terminal jepara aja ya lanjut becak atau..thx infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, wah waktu itu ga sempet ke pantai bandengan karena nguber kapal :( tapi menurut info bisa naik angkot jurusan pantai sekitar 5000 rupiah :)

      Hapus
  3. permisi, mau tanya, dari stasiun pasar senen ke semarang tawang naik kereta apa ya? urgent nih. makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya silahkan.. waduhh kereta apa namanya.. tawangjaya atau kertajaya ya?? Lupaaaa

      Hapus
    2. terus itu klo dr statiun poncol beda jauh ya dr pd tawang? soalnya sy liat harga kereta utk ke statiun pocol lebih murah dr pada tawang.. lau dr poncol apa ada kend menuju jepara? makasih sblmnya :)

      Hapus
  4. yuk joint goes to karimunjawa ala backpacker bareng Rheygeneration Tours. 6-7 september 800rb/orang udah include Kereta PP Jkt - Semarang. All in. Yuk gabung dan daftarkan diri segera. Seat terbatas. hub 085697992122.

    BalasHapus
  5. Mba nya berapa orang waktu itu pergi nya?

    BalasHapus
  6. gini gan ,kalau mau kesolo dari poncol jam 21 30 .masih ada angkutan umum gak gan?

    BalasHapus
  7. @septiyani : waktu itu sih masih 600ribu klo ga salah
    @anonim : dari sini cuma ber2, tapi di karimunnya banyak
    @unknown : sepertinya sih masih ada

    BalasHapus
  8. seru banget holiday nya , salam buat admin semoga selalu ngetrip

    BalasHapus